Jenis – Jenis Life Jacket Pelampung

 

 

 

Secara umum jenis life jacket di untuk menjadi 2 unsur yaitu:

distributor Alat safetyLife Jacket yang memakai bahan Busa steriofoam(inherently bouyant life jacket)
Life Jacket yang mengunakan udara/Co2(inflatable life jacket)
Dari 2 unsur jenis life jacket di atas semuanya baik di gunakan, melulu saja menyesuaikan keperluan anda, seluruh ada keunggulan dan kelemahan masing-masing.

kelebihan dan kekurangannya bakal kita kupas di tulisan selanjutnya, tetapi yang akan anda bahas ialah bagaimana kamu memilih life jacket yang cocok dengan keperluan dan bermanfaat sebagaimana semestinya.

Untuk memahami life jacket atau pelampung yang pas dan sesuai buat pekerjaan anda, maka kamu harus memahami sejumlah type life jacket PFD sebagai berikut.

Life Jacket Type l PFD (Off Shore Life Jacket)
Type l PFD ingin mempunyai flotation yang lumayan tinggi, karena life jacket ini di pakai untuk keselamatan di air yang beriak atau berombak yang jauh dari pertolongan, life jacket ini diharuskan mempunyai bouyancy 22 lbs untu dewasa, 11 lbs guna anak-anak, dan 7 lbs guna bayi.

Life jacket ini mesti dapat membalikan badan pemakai dengan posisi terlentang dan menghadap keatas. Adapun keharusan life jacket ini mesti mempunyai penyangga kepala dan penutup telingga, sebagai penghalang terjangan air atau ombak.

secara umum life jacket ini di pakai untuk pekerjaan penyebrangan laut lepas yang jauh dari daratan atau bantuan sekitar, dapat juga di pakai untuk pekerjaan arung jeram dan segala medan lain tetapi lebih baik memakai type lainnya saja.

perlengkapan atau aksesoris penyokong yang mesti di miliki life jacket ini mencakup : lampu, pluit, reflektor, dan harnest(pengaman). Lebih baik lagi andai di lengkapi survival kit atau perlangkapan penyokong lainnya.

Life Jacket Type II PFD (Near Shore Life Jacket )
Untuk pelampung atau life jacket type ll pfd di pakai untuk keperluan keselamatan yang tidak jauh dari pertolongan, dan di air yang tenang yang dekat dengan bantuan seperti danau, penyebrangan sungai, danau, dan penyebrangan beda yang memungkinkan dataran atau cakupan masih dekat.

Karena pelampung ini mesti segera menggali pertolongan segera, selain tersebut pelampung ini pun harus dapat membalikan badan pemakai laksana type l, melulu desainnya berbeda. Life jacket ini paling tidak mempunyai bouyancy 15,5lbs guna dewasa, 11 lbs guna anak-anak, 7 lbs guna bayi.

Fungsi dari pelampung ini ialah untuk menciptakan pemakai tetap mengambang di permukan air dengan muka menghadap keatas, walaupun dalam situasi sadar atau tidak sadar

Pelampung ini bakal tetap memposisikan badan pemakai dengan sendirinya dan menghadap ke atas. Warna pelampung ini seringkali menggunakan warna cerah, dan seringkali ada reflektor, serta lampu kelap kelip + pluit. Sehingga memudahkan pencarian.

Pelampung ini lebih baik lekas di kerjakan pertolongan secepatnya, pelampung ini tyidak sesuai untuk pekerjaan di laut lepas.

Life Jacket Type III PFD (Flotation Aid )
nah pada type ini kemungkinan kamu sering melihatnya, pasalnya di indonesia tidak sedikit yang membuatnya pelampung laksana ini, pelampung ini ada tidak sedikit variasi format dan model, ingin lebih simple dan desain minimalis

Karena di fungsikan untuk pekerjaan sports atau berkegiatan yang memerlukan gerakan bebas leluasa. Life Jacket ini tidak sesuai untuk pemakai yang tidak sadar, pasalnya desain ini mesti memposisikan badan sendiri

Tidak dapat membalikan badan dengan sendirinya laksana type I dan II. Dengan bouyancy paling tidak 15,5 lbs guna dewasa dan 11 lbs guna anak-anak. Pada lazimnya life jacket ini di desain untuk semua pengiat olahraga air yang profesional dan dapat berenang

Namun banyak sekali bouyancynya di sanjung sehingga guna pemakai yang tidak dapat berenang dapat menggunkanya. Jika kamu bukan seorang profesional dan memakai type III, lebih baik memakai type pelampung yang bouyancy nya medium profile

Kalo dapat gunakan di air yang tenang, bukan berarus deras seperti pekerjaan rafting sebab beresiko, tetapi jika kamu penggiat olahraga air, pelampung ini sangat sesuai dan pas guna anda.

Khusus seorang penyelamat (RESCUE) yang memakai pelampung ini, pilih pelampung yang mempunyai bouyancy Medium (Medium Profile) paling tidak 18,5lbs sampai 22 lbs dan yang mempunyai Feature Quick Release Belt Rescue.

Jika untuk pekerjaan snorkel kamu bisa memilih pelampung yang (low profile) dan yang mempunyai ketebalan paling tidak sama depan dan belakang. Jika kamu pemancing pakai pelampung yang (medium profile) dan mempunyai kantong yang luas.

selebihkan tentang kegiatan kamu atau tentang lingkaran atau chest, kamu bisa custom atau memesan untuk kami.

Life Jacket Type IV (Throwable Device)
Mungkin kamu sudah menyaksikan jenis life jacket pelampung ini, di mana tidak sedikit di persiapkan dalam kapal-kapal laut dan di dermaga. Pelampung ini pada umumnya bermanfaat untuk penyelamatan seseorang yang sedang di air dalam situasi sadar maupun tidak sadar. Dengan teknik di lemparkan, lantas di tarik memakai tali tampar atau tali khusus.

Life Jacket Type V PFD – Spesial Use Device Jacket
jenis life jacket spesial Ini ialah pelampung eksklusif atau hybrid (gabungan), seringkali untuk kebutuhan khusus umumnya. Semisal untuk kebutuhan Rescue, pekerjaan, dan pekerjaan lainnya

Di mana mempunyai standart eksklusif atau batasan-batasan eksklusif yang membutuhkan pelampung yang khusus, Biasanya pelampung ini mempunyai kombinasi antara tipe 5 dengan performa tipe 2, atau tipe 5 dengan performa tipe 3 bermukim di sesuaikan kebutuhannya.

 

Toko Jaya Safety Jakarta


  • Gedung LTC Glodok Gf 2 Blok A16 No.5 Jl. Hayam Wuruk No.127 Jakarta Barat, Jakarta Barat
    DKI Jakarta , Indonesia

Leave a Comment