Langkah-langkah eksklusif untuk tempat kerja dan kegiatan berisiko tinggi

 

supplier perlengkapan safetyDi samping langkah-langkah yang sudah disebutkah di atas, WHO telah mengeluarkan protokol kesehatan yang bisa diimplementasikan untuk pekerjaan dan kegiatan berisiko tinggi.
1. Buatlah penilain risiko dan rencana aksi pencegahan dan mitigasi COVID-19
2. Penggunaan masker medis, jubah sekali pakai, sarung tangan, dan perlindungan mata guna pekerja di lingkungan yang berisiko tinggi atau sedang di dalam zona merah
3. Latih pekerja dalam praktik-praktik pencegahan dan pengendalian infeksi serta pemakaian alat pelindung diri
4. Jangan menugaskan pekerja yang mempunyai gangguan kesehatan bawaan, berisi, atau berusia lebih dari 60 tahun guna menjalankan tugas-tugas berisiko tinggi
Pencegahan dan penanganan COVID-19 tidak bakal berjalan berhasil tanpa sokongan dari anda semua, termasuk pun organisasi pekerja. Bagi itu, organisasi pekerja mempunyai peran urgen untuk ikut berpatisipasi dalam mengerjakan pencegahan penularan. Organisasi pekerja pun harus ikut memantau dan mengedukasi masing-masing pekerja supaya mengikuti praktik protokol kesehatan yang telah dibentuk oleh perusahaan.
Pandemi COVID-19 yang melanda semua negara menunjukkan faedah penting penyelenggaraan K3 untuk masing-masing bidang pekerjaan. Selain guna meyakinkan lokasi kerja aman digunakan, K3 sangat urgen untuk memastikan kesehatan maupun memberi batas penyebaran virus yang gampang menular. Dengan begitu, penerapan K3 di lokasi kerja menjadi kunci dalam mengayomi kesehatan pekerja dan keluarganya.
Dengan mempunyai rencana mitigasi risiko terpaksa di lokasi kerja, maka penyebaran COVID-19 bisa dengan gampang diatasi. Di samping itu, masing-masing pengawas K3 diinginkan tetap mengerjakan pemantauan terhadap situasi area kerja. Hal ini sangat dibutuhkan untuk meyakinkan bahwa langkah-langkah pengendalian COVID-19 sudah dijalankan dengan baik.

Leave a Comment