Proses Terjadinya Gangguan Pendengaran

 

Alat Bantu Dengar – Beberapa penyebabnya mencakup kehancuran pada telinga unsur dalam, penumpukan kotoran telinga, infeksi telinga, serta situasi pecahnya gendang telinga. Untuk mengetahui bagaimana penurunan daya pendengaran dapat terjadi, terdapat baiknya guna lebih dulu mengetahui proses mendengar.

Mendengar berarti terdapat gelombang suara yang menjangkau struktur telinga terdalam, di mana getaran gelombang suara diolah menjadi sinyal saraf yang dapat dikenali oleh otak. Telinga kita terdiri dari 3 unsur utama: telinga luar, tengah, serta dalam. Gelombang suara masuk melalui telinga luar dan mengakibatkan getaran di gendang telinga.

Getaran kemudian dikatakan ke unsur telinga dalam dan melalui cairan di dalam struktur berbentuk siput (koklea). Terdapat ribuan rambut kecil di sel-sel saraf kokle yang menolong menerjemahkan getaran suara menjadi sinyal listrik yang dikirim ke otak. Bulu-bulu halus berikut yang memisahkan satu suara dengan yang lainnya.

Itulah sebanyak penyebab gangguan pendengaran yang sering terjadi. Beberapa sulit ditangkal sedangkan sisanya yang lain ingin terjadi tanpa diduga. Jadi mulai dari sekarang, jagalah kesehatan pendengaran Anda supaya tidak merasakan ketulian dari umur muda. Perhatikan kesehatan telinga kita dengan rutin mendatangi dokter THT minimal 6 bulan hingga 1 tahun sekali.

Leave a Comment